fbpx
Apa itu Meridian Spriritual ?

APA ITU  8 MERIDIAN SPIRITUAL?

Teori meridian merupakan jalur yang digunakan Qi (baca Chi) atau energy untuk bergerak melintasi seluruh tubuh dan berguna untuk mengusir penyakit agar tubuh kita kembali normal (Yin Yang).

Meridian Dalam pengobatan tradisional Tionghoa,

Meridian atau bahasa Cinanya Jing Luo merupakan jaringan jalan Qi (baca Chi) atau energy yang tersebar di dalam tubuh. Jika darah mempunyai jaringan sirkulasi darah, dan syaraf mempunyai jaringan syaraf, maka energy juga mempunyai jaringannya sendiri yaitu meridian.

Teori meridian atau saluran dan kolateral berkaitan erat dengan teori tentang organ tubuh. Meridian adalah saluran Qi (chi) dan darah dalam tubuh manusia, berperan menghubungkan bagian dalam dan luar seluruh tubuh. Dalam kondisi patologis, kalau fungsi system meridian mengalami perubahan, akan menunjukkan symptom dan tanda fisik yang bersangkutan. Dengan meneliti gejala – gejala itu akan dapat mendiagnosa penyakit organ dalam tubuh.

Meridian adalah jalur lalu lintas energy dalam tubuh. Dan sebagaimana lalu lintas, pada meridian ada jalur / jalan, ada hambatan, ada persimpangan, ada titik awal, ada titik akhir dan sebagainya. Jika jalan energy pada meridian lancar, maka akan tercipta keharmonisan dalam tubuh, dan tubuh kita mampu melawan penyakit, sebaliknya jika terjadi hambatan pada meridian maka akan muncul gangguan kesehatan.

Yang membedakan meridian dengan jaringan lain dalam tubuh adalah jaringan dan syaraf dapat terlihat oleh mata, sedangkan jaringan meridian tidak terlihat walaupun nyata. Dalam ilmu kedokteran modern, rahasia teori jalur energy meridian masih belum terungkap karena saat ini belum ada alat yang bisa mendeteksinya, akan tetapi teori ini sudah dibuktikan manfaatnya selama ribuan tahun.

Fenomena teori meridian mungkin sama dengan keberadaan nyawa pada makhluk hidup. Keberadaan nyawa sangat penting bagi kehidupan tapi belum ada yang bisa mengungkap rahasia keberadaannya. Jadi keberadaan meridian belum dapat dibuktikan secara fisik menurut ilmu kedokteran, walaupun riset telah menunjukkan bagaimana transmisi dari

informasi Qi (chi) dapat berhubungan di bagian – bagian internal manusia.

Fungsi :
Penghubung bag tubuh sebelah atas dan tubuh sebelah bawah
Penghubung bag tubuh sebelah kanan dan tubuh sebelah kiri
Penghubung organ – organ dalam dengan permukaan tubuh
Penghubung organ – organ dalam dengan alat gerak
Penghubung organ – organ dalam dengan organ – organ dalam lainnya
Penghubung organ dalam dengan jaringan penunjang tubuh
Penghubung jaringan penunjang tubuh dengan jaringan penunjang tubuh lainnya

Hubungan ini terbentuk menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan yang beraksi bersamaan terhadap rangsangan yang berperan dalam pertahanan tubuh. Akan tetapi, jika ada penyakit masuk ke dalam meridian, maka meridian bisa menjadi jalur penyakit untuk menyebar ke dalam tubuh.   Karena itu kita harus merangsang titik – titik akupunktur pada meridian untuk mengusir penyakit.

Letak Meridian terletak di dalam tubuh, letaknya bervariatif tergantung jalurnya. Jalur meridian ada yang melewati sela – sela tulang, ada yang berada di sela – sela otot, dank arena wujudnya tidak nyata ada juga yang menembus atau menyelimuti organ. Sebagian organ muncul dekat dengan permukaan kulit.

12  Meridian  Utama

1.Meridian Paru (11 titik Akupunktur)
2.Meridian Usus Besar (20 titik Akupunktur)
3. Meridian Lambung (45 titik Akupunktur)
4. Meridian Limpa (21 titik Akupunktur)
5. Meridian Jantung (9 titik Akupunktur)
6. Meridian Usus Kecil (19 titik Akupunktur)
7. Meridian Kandung Kemih (67 titik Akupunktur)
8. Meridian Ginjal (27 titik Akupunktur)
9. Meridian Perikardium (9 titik Akupunktur)
10. Meridian San Ciao (23 titik Akupunktur)
11. Meridian Kandung Empedu (44 titik Akupunktur)
12. Meridian Hati (14 titik Akupunktur)

 

Delapan Meridian Extraordinary  dan Latihan Chikung

 

Dalam Pengobatan Tiongkok, Delapan Meridian  extraordinary   mewakili level struktur energetik terdalam di tubuh.

Meridian ini adalah yang pertama terbentuk di dalam rahim dan merupakan pembawa Yuan Qi — energi leluhur yang sesuai dengan warisan genetik kita. Mereka berfungsi sebagai reservoir yang  besar  dari mana dua belas meridian utama dapat diisi ulang, dan dimana yang terakhir ini  dapat mengeringkan  reservoir ini.

Nama-nama lain untuk Delapan Meridian Luar Biasa ini  adalah  Delapan Curious Vessels, Delapan Marvelous Meridian, dan   Delapan Irregular Vessels.

Keluarga   ” Meridian Extraordinary” ini  adalah:

  1. Du Mai
  2. Ren Mai
  3. Chong Mai
  4. Dai Mai
  5. Yang Qiao Mai
  6. Yin Qiao Mai
  7. Yang Wei Mai
  8. Yin Wei Mai

 

Dalam konteks akupunktur, Delapan Extraordinary  biasanya digunakan berpasangan:

Ren dengan Yin Chiao,

Du dengan Yang Chiao,

Chong dengan Yin Wei, dan

Dai dengan Yang Wei.

Dari delapan meridian ini, hanya Ren dan Du yang memiliki titik akupuntur  sendiri;  enam lainnya  menggunakan  titik titik   akupuntur dari  duabelas meridian utama.

Kedelapan  Meridian ini  khusus  membantu  dalam  penanganan  penyakit yang parah (fisik, mental, atau emosional). MIsalnya untuk menangani masalah masalah yang berhubungan dengan keturunan, kesuburan, tujuan hidup, penyakit penyakit kronis, asthma,  pencernaan dan lain lain.

Untuk latihan  Chikung dan latihan Alkimia Dalam (mengubah sesuatu sesuai keinginan) , Du, Ren, Chong dan Dai adalah yang paling penting dari Delapan Meridian Luar Biasa.

 

1. Du Mai

mengalir dari ujung tulang ekor ke tulang belakang, melewati kepala, dan berakhir di bagian atas mulut.

Du Mai mengatur Chi dari semua  Meridian  YANG , untuk kesehatan tulang punggung. Du Mai sangat efektif dalam menangani  kekakuan di pundak, leher, dan punggung. Du Mai juga mensuplai  CHI  ke otak. Sehingga bisa digunakan untuk menangani rasa pusin dan Tinnitus (telinga  berdenging).

Pada tingkat energy, Du Mai  ada  hubungannya  dengan  siklus transformasi, perjuangan hidup seseorang  serta  ketegarannya  dalam  hidup.

Psikospiritual  pada Du Mai :  masalah  ketegaran dan ketidak tergantungan , berani berdikari dan berani mengambil resiko.

Du Mai yang tidak seimbang akan menimbulkan  rasa  bersalah, menarik diri dari pergaulan, apatis, sulit menguasai amarah.

Du Mai  yang seimbang akan memberikan  kekuatan, keberanian menghadapi ketakutan, aktif dalam bermasyarakat dan termotivasi  untuk menyelesaikan masalah.

Houxi - Dumai

2. Ren Mai

mengalir dari perineum(antara anus & kemaluan)  di sepanjang garis tengah depan tubuh kita dan berakhir di mulut bawah.

Dalam praktik Orbit Mikrokosmik, kami menghubungkan Ren  dan  Du Meridian ke dalam satu sirkuit kontinu — yang merupakan bagaimana energi beredar ketika kita berada di dalam rahim ibu kita.

Ren Mai  menerima dan membawa CHI  dari  meridian  YIN ,  fungsinya  mengatur Uterus, Menstruasi, Menopause, Kehamilan  dan seterusnya.

Karena  titik utamanya terletak di meridian paru paru, maka  REN  ada hubungan dengan gangguan  pernafasan. Misalnya Asthma

REN MAI  dan  YIN QIAO MAI  , yang  berhubungan  dengan  paru paru / ginjal  mempengaruhi  paru paru, dada dan kerongkongan.  Secara  energy, sangat berguna  dalam penanganan  gangguan  pernafasan.

Juga  untuk  masalah  ikatan hubungan  antara  bayi  dan ibu yang  bisa  berlanjut  sampai  dewasa.  Anak bisa menjadi sangat tergantung kepada ibunya  atau  sebaliknya.

REN MAI  yang tidak seimbang  akan menyebabkan  hubungan buruk dengan ibu, kurang ada rasa  kedekatan dengan ibu, trauma kelahiran, kurang bisa memelihara diri, mengalami gangguan pola makan.

REN MAI  yang  seimbang  akan bisa mengatasi trauma lahir, membangun kedekatan, mudah mencari solusi yang kreatif.

Lieque - Renmai

3. Chong Mai 

mengalir secara vertikal jauh di dalam tubuh, bersama dengan bagian depan tulang belakang, dan paling erat terkait dengan Yuan Qi. Chong memiliki resonansi dekat dengan — jika bukan setara dengan — Shushumna Nadi  (saluran  energy  pusat atau jalur Tengah)  yang dijelaskan dalam tradisi Hindu . Ini adalah inti energetik kami.

Chong Mai terkenal dengan sebutan  LAUT DARAH . Chong Mai mempengaruhi  jantung,  dada  dan lambung.  Selain itu Chong Mai juga disebut  MERIDIAN PENEMBUS.

Chong Mai bisa disebut sebagai arsitek kosmos yang menciptakan blue print untuk kehidupan seseorang.

Chong Mai  berhubungan dengan kebiasaan (penyakit turunan) , masalah akibat abuse / penyalah gunaan.

Psikospritual pada Chong Mai : gangguan Chong Mai mempengaruhi secara negatif  rasa percaya diri  dan rasa kasih pada  diri.

Ketidak seimbangan pada Chong Mai : Trauma yang tidak terselesaikan akan diturunkan – penyalah gunaan, kekuatiran, depresi, kecanduan, ketakutan terhadap  sesuatu, rasa bersalah, malu, semua bisa tersimpan dalam tulang  atau sumsum dan mengakibatkan  nyeri jantung, palpitasi (debaran jantung yang tinggi).

Keseimbangan  pada Chong Mai : Akan menimbulkan kemampuan merasakan secara penuh, sadar akan diri, mampu keluar dari kesulitan, kuat, perfect,epigenetic (perbaikan dari karakter individu), perbaikan DNA .

Gongsun - Chongmai

4. Dai Mai

melingkari pinggang, dan merupakan satu-satunya meridian yang mengalir secara horizontal. Karena itu, ia bertindak sebagai semacam “ikat pinggang” —terhubung  dengan meridian meridian  yang mengalir secara vertikal .

Dalam praktik Chikung  Kan dan  Li tertentu, kita belajar untuk menggerakkan Dai  Meridian agar terhubung dengan energi planet, bintang, dan galaksi, dan kemudian turun untuk terhubung  dengan  inti  bumi.

Dai Mai atau Belt Meridian  adalah  satu satunya  meridian  horizontal. Dia melingkari semua meridian lain.

Dai Mai sangat berguna dalam menangani keadaan, dimana ada perasaan berat dibadan bagian bawah, seolah olah tenggelam dalam air, tumor tumor, fibroid (kista), prolapsed uterus (turun berok/rahim), pengecilan otot (atropi otot) serta  sakit pinggang.

Masalah energetic yang melibatkan Dai Mai bisa terlihat sebagai  “hampir menangis” akibat frustasi, tidak bisa ambil keputusan,dan harga diri yang rendah.

Dai Mai  adalah tong sampah semua sampah emosi setelah lahir. Semua yang badan tidak bisa ubah / transformasikan akan tersimpan pada  Dai Mai.

Ketika kita ingin mengambil keputusan, tapi tidak dapat melakukannya, kita simpan di belakang otak dan diteruskan ke Dai Mai.  Untuk membersihkannya kita menangis.

Psikospiritual pada Dai Mai : Merdian ini menjadi tempat penyimpanan emosi yang terpendam serta complex psikologis yang memerlukan transformasi, rahasia, trauma, dan kotak Pandora (sumber masalah yang tak diinginkan).

Penekanan atau represi terhadap aspek bayangan dari hidup seseorang menimbulkan gangguan badan, fikiran atau jiwa.

Ketidak seimbangan pada Dai Mai : Menyimpan emosi sebagai bentuk jaga diri dan perlindungan terhadap trauma. Menekan emosi, menyimpan kepercayaan negatif, flashback, mimpi buruk.

Keseimbangan pada Dai Mai : Melepaskan kepahitan masa lalu, sanggup berintegrasi, dan mendukung meridian lain, menyambung hubungan kepada diri, meningkatkan kasih terhadap diri.

Zulinqi - Daimai

5. Yang Qiao Mai ,

Qiao Mai bermula dari bagian dalam / luar tumit. Fungsinya menambah kegesitan badan bereaksi dan mengatur gerak terutama pada paha bagian bawah dan kaki.

Yang Qiao Mai berguna untuk menangani macam macam gangguan , dimana  rasanya seperti berjalan diatas tanah miring, berfikir yang berlebihan, perasaan menanggung   beban  terlalu  berat yang tidak dapat dikendalikan.

Yang Qiao Mai berguna untuk terapi terapi gangguan seperti insomnia (tidak bisa tidur), hypertensi, hyperthyroid (produksi hormone yang berlebihan dileher, epilepsy (ayan), asthma, kantong kemih, Parkinson, Bell’s Palsy .

Psikospiritual pada Yang Qiao Mai : Meridian ini berguna untuk mereka yang terus berada dalam sikap berontak, kepribadian typa-A (pekerja keras, ambisius & perfeksionis), aktivis, serta mereka yang mau mengubah dunia.

Ini contoh dari bagaimana kita tegar dan terima apa adanya dan terus berjuang dalam hidup. Makin kita berontak, akan makin sakit dan makin rugi…..  APA YANG KAU LAWAN AKAN TERUS ADA…….

Ketidak seimbangan pada Yang Qiao Mai :  Keterikatan kepada masa lalu,  ketakutan, sikap siap melawan pengalaman di bully masa lalu, nyeri serta ketidak mampuan untuk mengatasi atau bertindak.

Bila Seimbang :  Memperluas pandangan hidup, berusaha maju terus.

Shenmai - Yangqiaomai

6. YIN QIAO MAI .

Yin Qiao Mai  disebut juga  Meridian Motilitas  atau  Meridian Gerak.

Yin Qiao Mai  berurusan  dengan gangguan  keseimbangan energy  dalam meridian ini. Gejalanya termasuk ketidak seimbangan  organ  tubuh kiri dan kanan. Kaki bengkok kedalam, Osteoporosis, Sakit di mata, Insomnia, Melamun, Tumor, Hypothyroid (kekurangan hormone pada kelenjar di leher), dan masalah autoimun.

Psikospiritual pada Yin Qiao Mai : masalah kepercayaan diri, merasa ditinggalkan, depresi, gejala gejala tidak percaya diri dan merasa tidak berguna.

Ketidak Seimbangan pada meridian ini :  Menyalahkan diri, malu, rasa tak berguna, mengucilkan diri, kecenderungan bunuh diri.

Keseimbangan pada Yin Qiao ini : Sasar akan potensi diri, sadar akan keterbatasan diri, berusaha memperbaiki segi segi negatif diri.

Zhaohai - Yinqiaomai

7. YANG WEI MAI

Yang Wei Mai  dan Yin Wei Mai  berfungsi sebagai  meridian  penghubung. Karena itu mereka  terlibat  dalam  proses  transisi  perubahan  menuju  usia  lanjut. (siklus  7 tahun untuk wanita  dan 8 tahun untuk laki laki)  serta  transformasi  energy Yin dan Yang.

Yang Wei mendominasi  bagian  luar  badan, penting  saat  kedinginan dan  demam. Juga sangat berguna untuk gangguan kuping, arthritis, memutar kepala dan pundak, mata berair dan gatal serta sakit pinggang.

Energetis (sikap penuh semangat)  :  Mengatur  kebiasaan lama  dan sikap serta membebaskan kita dari belenggu lama yang  membuat  kita tidak berkembang.

Yang Wei Mai akan membantu kita maju dalam hidup.

Psikospiritual nya : sebagai pertahanan terakhir badan terhadap pathogen (parasit)  atau penyebab penyakit.

Yang Wei Mai dapat dipakai untuk mengatasi penyakit penyakit sangat berat. Seperti  kanker  dan aids.

Ketidak seimbangan nya : akibatkan kurang  sabar, kurang bisa focus, sikap yang merugikan diri, mengucilkan diri, takut maju terus, bisa terlihat sebagai   “anal abadi” yang melawan perubahan, cepat marah, dan  kekerasan yang tak terkendali.

Keseimbangan nya : timbulkan Berani memilih tawaran yang ada dalam hidup, hadapi tantangan hidup, marah yang terkendali, tidak sering ketakutan.

Waiguan - Yang Wei Mai

8. YIN WEI  MAI

Yin Wei berhubungan dengan NEIGUAN, gerbang  Ke “diri  sendiri” , Sakit hati  (fisik maupun emosional) adalah tanda utama bahwa  kita  tidak memenuhi  tujuan hidup kita. Yin Wei Mai dapat membersihkan kemacetan ini.

Psikospiritual : Meridian ini berhubungan dengan makna hidup serta membantu kita menghadapi hidup  dengan jernih dan tekun. Dia juga membuat kita terhubung dengan masa lalu dan masa yang akan datang dan membantu  memperlambat  proses penuaan.

Ketidak seimbangan : akan mengakibatkan depresi, kekuatiran akibat masa lalu, tidak sanggup membicarakan trauma, takut, malu, rasa bersalah, tidak sanggup mengatasi masa lalu, kurang bersemangat, tidak bisa mengendalikan diri.

Keseimbangan : akan mengakibatkan bisa mengatur emosi, sanggup mengatur sumber daya yang ada secara bijak, belajar dari masa lalu, mengatasi tantangan, bangkit dari kegagalan hidup……

Neiguan - Yinweimai

Demikianlah penjelasan tentang ke 8 Meridian Spiritual yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita. Dengan mengetahui sedikit-banyak tentang adanya meridian ini, diharapkan semua teman-teman dapat hidup lebih sehat, mengurangi ketergantungan pada obat-obatan kimia, menghilangkan penderitaan dalam menjalani hidup

News Reporter

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Call Now Button
error: Content is protected !!